Desa Huta Galuh, Gelar Musrenbangdes Untuk Bahas  Dan Sepakati RKPDes Tahun 2020, TA 2021

  • Whatsapp

Serdang Bedagai. buanapos.com – Desa Huta Galuh, gelar Musrenbangdes dalam rangka membahas dan menyepakati RKPDes tahun 2020, untuk tahun anggaran 2021. Musyawarah rencana pembangunan desa ini berlangsung di balai Desa Huta Galuh, Kecamatan Kotarih, Kabupaten Serdang Bedagai,Senin(21/09/2020). 

Musrenbangdes ini dihadiri, Camat Kotarih, L Naibaho S.Sos , Kasi PMD Khairul Husni beserta staf, Kepala Desa Huta Galuh, Rasman Purba, ketua BPD  beserta jajarannya , Babinsa Peltu M Turnip dari Koramil 17 Kotarih , para perangkat Desa, Bidan Desa, ketua LKMD, PKK, karang taruna, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, Pendapding desa Carlos Siahaan, Ade Surya, PLD Ramadhan Saragih dan para undangan utusan dari Dusun-Dusun. 

Bacaan Lainnya

Musrenbangdes dibuka oleh Ketua BPD Desa Huta Galuh ,dengan harapan agar dalam musawarah, para peserta memberikan usulan-usulan yang akan dimusawarah dan dibahas sebagai skala prioritas. 

Camat Kotarih L Naibaho S.Sos  dalam sambutan arahannya, mengharapkan musrenbangdes merupakan gawenya BPD dalam menampung aspirasi masyarakat yang sipatnya untuk kepentingan umum, yang mencakup beberapa bidang yakni, 1.Bidang penyelenggaraan pemerintah.
2.Bidang Pembangunan.
3.Bidang pembinaan. 
4.Bidang pemberdayaan. 
5.Bidang tak terduga (kedaan darurat, penanggulangan bencana).

Kasi PMD Khairul Husni juga menyarankan agar usulan-usulan mencakup semua bidang ini,agar dapat menjadi tolak ukur dalam APBDes dan akan tertuang sebagaimana mestinya. 
Acuan Musrenbangdes tetap mengacu pada tema rancangan kerja pembangunan pemerintah daerah kabupaten Serdang bedagai tahun 2021 yakni pemantapan sektor pertanian dan parawisata dalam mendukung pertumbuhan ekonomi dan peningkatan SDM yang unggul berdaya saing yang meliputi, pemantapan sektor pertanian dan parawisata, pemantapan kwalitas hidup masyarakat, pemantapan tatakelola pemerintah, mewujudkan pemerintah yang berorientasi hasil. 

Dalam acara tanya jawab yang berupa  usulan-usulan warga yang dipimpin ketua BPD , maka dapatlah ditampung beberapa usulan antara lain, dari dusun 2, pemasangan wifi, penggunaan alat berat untuk untuk jalan, penyaluran listrik ke barak seng, Gorong – gorong dusun 2 dan leningan.
Dusun 1, leningan menuju ladang ± 50 meter, leningan parit jalan, leningan 500 meter kearah bah bane jalan umum dusun 1 Inpres arah ke Rubun Dunia, seragam PKK, pelatihan PKK, pembangunan gedung paut, beserta buku pelajarannya, baju seragam kader lansia serta insentipnya.

Usulan-usulan ini akan dibahas oleh tim penyusun untuk diadakan verifikasi dan akan   dimasukkan pada skala prioritas tahun anggaran 2021 Desa Huta Galuh . (Baroes). 

Pos terkait