Musrenbangdes Desa Banjaran Godang Dalam Rangka , Bahas  Dan Sepakati RKPDes Tahun 2020

  • Whatsapp

Serdang Bedagai. buanapos.com –

Desa  Banjaran Godang  , gelar Musrenbangdes dalam rangka membahas dan menyepakati RKPDes tahun 2020, untuk pelaksanaan tahun anggaran 2021. Musyawarah rencana pembangunan desa ini berlangsung di aula kantor   Desa Banjaran Godang Kecamatan Kotarih, Kabupaten Serdang Bedagai,Jum’at (25/09/2020). 

Bacaan Lainnya

Musrenbangdes ini dihadiri, Camat Kotarih L Naibaho S.Sos, Kasi PMD Kecamatan Kotarih Khairul Husni beserta staf, Kepala Desa Herman Saragih, beserta seluruh perangkatnya, ketua BPD Dame Purba  beserta jajarannya  , bhabinkamtibmas Aipda HS. Simanjuntak, Kanit Intel Aiptu. E Sianipar, ketua TP-PKK Desa,  Bidan Desa, ketua LKMD, PKK, karang taruna, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, Pendapding desa Carlos Siahaan, Ade Surya, P. Situmorang, PLD Ramadhan Saragih dan para undangan utusan dari Dusun-Dusun. 

Musrenbangdes dibuka oleh Ketua BPD Desa Banjaran Godang Dame Purba ,dengan harapan agar dalam musawarah, para peserta memberikan usulan-usulan yang akan dimusawarah dan dibahas sebagai skala prioritas. 

Camat Kotarih L Naibaho S.Sos dalam sambutan arahannya, mengharapkan musrenbangdes merupakan gawenya BPD dalam menampung aspirasi masyarakat yang sipatnya untuk kepentingan umum, yang mencakup beberapa bidang yakni, 1.Bidang penyelenggaraan pemerintah.
2.Bidang Pembangunan.
3.Bidang pembinaan. 
4.Bidang pemberdayaan. 
5.Bidang tak terduga (kedaan darurat, penanggulangan bencana).

Walaupun situasi dan kondisi sekarang masih dalam pandemi Covid-19, sehingga banyak program tahun lalu tidak terealisaai, ” untuk itu kita musawarahkan lagi apakah program yang belum  terlaksana tersebut masih perlu dilanjudkan atau dialihkan ke program yang baru, oleh karena itu pada hari ini kita musyawarahkan,” papar Camat Kotarih. 

Kepada Desa Banjaran Godang Herman Saragih pada kesempatan ini mengucapkan,” terimakasih atas sinergitas masyarakat begitu antusias  menghadiri pembahasan RKPDes yang tentunya nanti sama-sama kita sepakati hasilnya untuk kita laksanakan sebagai programkan pembangunan di tahun 2021 mendatang,” paparnya. 

Dijelaskannya pula bahwa program pembangunan ditahun 2020 banyak yang tidak terlaksana berhubung mewabahnya virus Corona (Covid-19), yang menyebabkab banyak anggaran desa yang digunakan dalam penanggulangan Covid-19,” seperti pemberian BLT dari Dana Deaa (DD), dana pencegahan untuk memutus mata rantai Covid-19. Semoga Covid-19 cepat berlalu dan kita dapat menjalankan program pembangunan sebagaimana mestinya. Untuk itu mari kita bersama sama bermusyawarah dalam menentukan arah pembangunan desa kita di anggaran tahun 2021 nanti, ” terangnya. 

Herman Saragih juga berharap dengan digelarnya musrenbangdes Desa Banjaran Godang, agar masyarakat atau perwakilan masyarakat, undangan dan yang berhadir dapat memberikan masukan atau usulan-usulan yang kesemuanya itu dapat ditarik skala prioritasnya, dan ini  merupakan tugas tim penyusun yang akan menyimpulkannya , dengan perpedoman kepada RPJMDes, ” pungkasnya. 

Kasi PMD Khairul Husni juga menyarankan agar usulan-usulan mencakup semua bidang ini,agar dapat menjadi tolak ukur dalam APBDes dan akan tertuang sebagaimana mestinya. 
Acuan Musrenbangdes tetap mengacu pada tema rancangan kerja pembangunan pemerintah daerah kabupaten Serdang bedagai tahun 2021 ,” yakni pemantapan sektor pertanian dan parawisata dalam mendukung pertumbuhan ekonomi dan peningkatan SDM yang unggul berdaya saing yang meliputi, pemantapan sektor pertanian dan parawisata, pemantapan kwalitas hidup masyarakat, pemantapan tatakelola pemerintah, mewujudkan pemerintah yang berorientasi hasil, ” terangnya.

Pada acara penyampaian usulan-usulan yang ditampung BPD antara lain : 
-Dari dusun 1, pembamgunan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), perbaikan air  bersih pemandian umum dusun 1. 
-peningkatan pelayanan kesehatan di dusun 2, peningkatan ekonomi, pendidikan dan para wisata. 
-Bumdes, air bersih, bedah rumah, pemwliharaan jalan gang, mengadakan sosialisasi tentan
[26/9 12:10] Siganda Barus Pulogambar: tentang narkoba, baju seragam karang taruna, pakaian olah raga. 
-Seragam lansia dan makanan bervitamin seminggu sekali. 

Usulan-usulan ini akan dibahas oleh tim penyusun untuk diadakan verifikasi dan akan   dimasukkan pada skala prioritas tahun anggaran 2021 Banjaran Godang . (Baroes). 

Pos terkait