KKP dan Dinas Perikanan Batubara Sosialisasikan Program UMKM-KP Bagi Penggiat Usaha dan Budidaya Ikan

  • Whatsapp

Batubara, buanapos.com-

Dalam meningkatkan ekonomi masyarakat  berbagai upaya telah dilakukan pemerintah terkhusus meningkatkan pertumbuhan UMKM di sektor perikanan dan kelautan baik di dalam sektor penambahan modal usaha maupun di sektor pengembangan budidaya ikan.

Bacaan Lainnya

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Perikan Kab. Batubara  Antoni Ritonga dalam rangka Temu Teknis UMKM-KP di Aula Kantor Bupati Kab. Batubara, Rabu (21/10/2020) kemarin.

Sementara itu, Rian selaku Pemateri dari Kementerian Perikanan dan Kelautan mengatakan, UMKM-KP  merupakan program pemerintah berbentuk koperasi peminjaman modal usaha terhadap pelaku usaha di sektor perikanan dan kelautan. Tetapi tetap memperhatikan dan mengutamakan perlindungan pemeliharaan lingkungan hidup serta memfasilitasi pengembangan usaha dengan cara memberikan Insentif kepada pelaku usaha.

“Dengan tata kelola yang baik pengajuan program UMKM-KP melalui proposal yang diserahkan ke Dinas Perikanan dan selanjutnya akan di verifikasi dan dinilai,” pungkas Rian sembari mengatakan, tidak terverifikasinya data pelaku usaha diakibatkan nama pemohon pengajuan sudah bermasalah di sistem kreditur atau di pihak  lain seperti OJK dan Kredit Kendaraan Bermotor.

Turut Hadir Dalam acara sosialiasi temu Teknis UMKM-KP,  dari Kementrian Kelautan dan perikan Rian Yuhendri Suriansyah, Asisten II Drs Sahala Naingolan, Kepala dinas Perikanan Antoni Ritonga, Kepala Dinas BKKBN Budianto, Kepala Dinas Koperindag Ahmadan Chair.

(Khairil)

Pos terkait