Kadisdik Ilyas : Tingkatkan Literasi Salah Satu Pesan Bupati Batu Bara

  • Whatsapp

Batubara, buanapos.com-

Bupati yang diwakili Kadisdik Batu Bara Ilyas Sitorus berharap keberadaan TBM Khasanah ini dapat merangsang anak-anak tepian pantai Desa Bandar Rahmad untuk lebih gemar membaca dan memiliki daya pikir dan ke ingintahuan yang tinggi, semua itu dioeroleh melalui literasi membaca. Mendekatkan buku pada anak sehingga anak lebih tertarik untuk  membacanya.

Bacaan Lainnya

Hal tersebut dikatakan Kadisdik Bati Bara  Ilyas Sitorus  dalam saat penyerahan bantuan buku yang di galangnya bersama penerbit nasional dan Perpustakaan Sumatera Utara  bertempat di ruang TBM Khasanah Bandar Rahmad, Jumat (23/10/2020).

Masih menurut Kadisdik Batu Bara, bahwa kedatangannya kedua kalinya ke TBM ini merupakan pemenuhan Janjinya datang kembali bersama rekan-rekan penerbit Nasional seperti Tiga Serangkai, Intan Pariwara, Grafindo, Erlangga, Masmedia serta hari ini juga  bertambah lagi bersama Kita dari Dinas Perpustakaan dan Arsip Sumatera Utara juga ikut memberikan semangat kepada anak-anak kami di tepian pantai ini dengan bantuan buku sebanyak 200 eksamplar ditambah dari penerbit sehingga berjumlah 800an eksamplar buku yang diberikan khusus kepada TBM Khasanah ini,” papar Ily.

Masih menurut Mahasiswa Program Doktor Pendidikan Unimed ini, membaca sangat penting dalam kehidupan masyarakat terutama pada anak mengingat lajunya perkembangan zaman yang semakin kompleks, sehingga kemampuan membaca menjadi tuntutan. Salah satu upaya peningkatan sumber daya manusia yaitu dengan mendorong tumbuhnya minat belajar dan baca masyarakat yang dimulai dari usia anak-anak.

Oleh karena itu Ilyas berharap keberadaan koleksi buku referensi ini semoga dapat menjadi magnet sehingga menambah minat baca anak-anak kami, dan kepada adek-adek pengasuh TBM ini Ilyas berpesan biarkan buku rusak karena di baca atau dipakai anak-anak ketimbang rusak karena di simpan dimakan serangga.

Sementara Erikson Pakpahan Kasi Pembudayaan Gemar Membaca, Perpustakaan dan Arsip Provsu, mengatakan bahwa kehadiran kami bersama hari ini berbagi dan memberikan dukungan kepada anak-anak kami agar memanfaatkan keberadaan TBM ini. Kami akan datang bulan depan ke tempat ini lagi bersama kawan-kawan dari Perpustakaan Dan Arsip Sumatera Utara untuk bergembira bersama anak-anak kami dalam meningkatkan Literasi. Kami akan datang bersama pendongeng Medan untuk berbagi cerita bersama anak-anak kami sekaligus membawa oleh-oleh khusus buat anak-anak kami. 

Oleh karenanya tetap semangat selalulah bersama buku untuk memperkuat literasi anak-anakku, himbau Erikson yang dilanjutkan Kabid Layanan dan  Teknologi Informas Disperpusdasu, Elyhayati  menegaskan kembali apa yang disampaikan Erikson terdahulu yaitu akan membuat kegiatan bermasa anak-anakku di tempat ini yang bernama Story’ Telling atau bercerita / mendongeng untuk anak-anak ujar Elyhayati, di sambut takbir Allahhu akbar oelh anak-anak dan pengasuh TBM.

Perwakilan penerbit Dedi dari Intan Pariwara mengatakan kami bangga dan senang dengan program kebersamaan ini. Dan kami bisa membantu adek-adek ditepian pantai ini  bersama kawan-kawan seprofesi. Ini luar biasa idenya Pak Kadis Pendidikan Batu Bara sengaja mengundang kami di kediaman beliau di Komplek Perumahan Tg. Gading Sei Suka. Terimakasih sudah mengajak kami bersama-sama dalam program mendekatkan buku kepada anak untuk meningkatkan literasi. Semoga yang kami berikan berupa buku-buku koleksi ini bisa dimanfaatkan guna peningkatan literasi adek-adek semua,”harap Dedi.

Hadir bersama Kadisdik Batubara Ilyas Sitorus, Kabid Layanan dan Teknologi Informasi Perpusdasu Elyhayati, Erikson Pakpahan, JulianaTaringan, Gultom yang merupakan pejabat di lingkungan Perpusdasu, Ketua K3S Tg Tiram Arfan, Kepala Desa Bandar Rahmad , Sektaris Perpu Kabupaten Batubara  dan Pejabat Lainnya dari Perputakaan Batubara serta Perwakilan Penerbit Nasional seperti Tiga Serangkai, Intan Pariwara, Erlangga, Mas Media, Grafindo

(Khairil)

Pos terkait