Bupati Batu Bara, Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Pesisir dan tingkatkan Pariwisata

  • Whatsapp

Batubara, Buanapos.com-

Bupati Batu Bara Ir.H Zahir.M.AP, melalui Dinas perikanan batu bara terus berbenah dalam  pembangunan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat kabupaten batu bara, dimasa pandemi covid 19 ini,  terlihat dinas perikanan kabupaten batu bara membangun jalan produksi sepanjang 200 meter, menjorok kelaut, dipantai sejarah, menelan biaya anggaran Rp.1.2 Milyar,  jalan tersebut  akan dimanfaatkan untuk para petani kerambah kerang, maupun kerambah ikan kerapuh.

Bacaan Lainnya

Dengan adanya jalan produksi ini para petani kerambah tidak akan kesulitan dalam melaksanakan aktivitas dan akan lebih mudah  dalam pengangkutan hasil panen, dengan dibangun jalan produksi ini juga akan dapat meningkatkan pariwisata dipantai sejarah ini,  Ujar Azizi Ketua Hutan Kemasyarakatan Mangrove (HKM) Kab.batu bara, didampingi  Muksin aktivis LP3RI, di pantai sejarah desa perupuk, Kecamatan Lima puluh pesisir, kabupaten Batu Bara, Provinsi Sumatera utara, Jum’at (13/11/2020.

Menurut Azizi sangat mendukung program bupati batu bara ir.H Zahir, memperhatikan masyarakat pesisir yang memang dibutuhkan sentuhan langsung dari pemerintah dalam peningkatan ekonomi, seperti yang kita lihat bersama dengan adanya pembangunan jalan produksi ini aktivitas para petani keramba kerang dan keramba ikan kerapuh tidak terhambat.

Dengan adanya jalan produksi ini mereka/masyarakat akan lebih semangat mengembangkan keramba-keramba ikan lainya dan nantinya di jalan produksi ini bisa dimanfaatkan juga untuk menunjang peningkatan pariwisata dipantai sejarah ini.

Masih menurut azizi, Kami dari Hutan kemasyarakat Mangrove/pencinta mangrove juga akan terus memperhatikan hutan mangrove di garis pantai kab.batu bara ini, dengan  terpelihara hutan mangrove maka biota laut akan terlindungi dan tempat kehidupannya seperti ikan kecil, kepiting, udang dan siput dan juga  kura-kura, ,biawak, burung, ular dan monyet.

Dan yang lebih penting lagi hutan mangrove berfungsi sebagai kelestarian dan biota yang hidup didalamnya, namun masih banyak fungsi bagian kehidupan manusia diantaranya akar mang rove mencegah abrasi, mencegah instrusi/Mencegah rembesan udara laut kedalam tanah daratan, dalam pencegahan air menjadi payau.

Kedepan kita dengan hutan mangrove menjadikan eko wisata mangrove dengan melestarikan biota laut dan satwa lainnya seperti burung dan lainnya.

Kita akan memberikan edukasi/pembelajaran kepada masyarakat maupun anak -anak pelajar tentang pentingnya hutan mangrove buat kehidupan manusia.

Kami Kelompok pencinta hutan mangrove akan terus mendorong pemerintah khususnya dinas terkait.

Berharap  ciptakan kawasan hutan mangrove menjadi kawasaan eko pariwisata, dengan pariwisata nantinya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dan juga meningkatkan PAD batu bara, harapan atau keinginan kami ini tanpa bantuan dari pemerintah sulit akan terwujud, ujar azizi. (Khairil)

Pos terkait