Intervensi Desa Dalam Penanggulangan TBC,Desa Bangun Purba

  • Whatsapp

Bangun Purba.Buanapos.Com-

Jum’at tanggal 13 November 2020, Pemerintah Desa Bangun Purba mengadakan 
Intervensi Desa dalam penanggulangan TBC.
acara berlangsung di aula Kantor Desa Bangun Purba Kecamatan Bangun Purba.Kabupaten Deli Serdang. 

Bacaan Lainnya

Acara diawali dengan berdo’a yang di pimpin oleh Sentosa Perangin Angin.
Setelah itu dilanjutkan dengan menyanyikan Lagu Mars Indonesia Raya,yang di pandu Eva Yusnita.

Kemudian kata sambutan dari Kepala Program KSB.Deli Serdang Taufik Hidayat.
Mengucapkan terima kasih atas terbentuknya kepengurusan  Penanggulangan TBC di Desa Bangun Purba.Dengan adanya kepengurusan Penanggulangan TBC di Desa Bangun Purba,maka untuk ke depannya semoga  warga atau pun masyarakat di Desa Bangun Purba dapat tereliminasi,tuturnya. 

Penularan TBC ini paling rentan dari lansia dan udara.
Penanggulangan TBC ini yang telah melaksanakan hanya ada 3 Kecamatan,diantaranya adalah Kec.Bangun Purba,
Kec.Pagar Marbau, KecTanjung Morawa.
Indonesia termasuk tingkat ke IV terkait TBC,pungkas Taufik Hidayat.

Setelah itu kata sambutan dari Tim Puskesmas Bangun Purba khusus TBC oleh Yuri Hatta .G.mengatakan,
Saya sebagai petugas TBC dari Puskesmas Bangun Purba siap untuk membantu semua  kegiatan dan membina dari Desa ke Desa yang berada di Kec.Bangun Purba.Saya juga akan tetap selalu untuk saling berkomunikasi kepada para pengurus Penanggulangan TBC terkhusus di Desa Bangun Purba.

Kata sambutan ketua Komdes Penanggulangan TBC Desa Bangun Purba  Gunawan Purba berharap kepada semua pengurus TBC yang telah di bentuk agar benar benar bekerja dan saling berkoordinasi dengan Instansi terkait dalam penanganan TBC di Desa Bangun Purba.

G.Purba,meminta kepada pihak Puskesmas Pemerintahan Desa, Babinsa,Babinkamtibmas agar mendata semua klinik-klinik yang aktif di Desa Bangun Purba untuk berkoordinasi langsung untuk mempertanyakan terkait pasien yang mereka tangani,ada atau tidak ada yang terjangkit TBC.

G.Purba,menambahkan jika kelak ada pasien yang terjangkit TBC,tidak mau makan obat,kami meminta kepada Babinsa , Babinkamtibmas,kadus agar dapat mendampingi langsung dan kepada semua rekan rekan yang telah terlibat dalam kepengurusan penanggulangan TBC agar tetap bekerja sama yang baik.
Pada umumnya masyarakat pada saat ini lebih takut kepada Pandemi Covid-19 dari pada TBC,tambahnya.

Masih di ruangan yang sama
Kades Bangun Purba Setia Darma Tarigan SE, menyampaikan bahwa
Pemerintahan Desa Bangun Purba telah memberikan pelayanan kepada warga dan masyarakat.Jika memang ada warga atau pun masyarakat yang terindikasi TBC,agar jangan malu untuk melapor ke Puskesmas Bangun Purba atau kepada pengurus Penanggulangan TBC yang telah di bentuk.
 
Pemerintahan Desa mengajak untuk bekerja sama dalam penanggulangan TBC di Desa Bangun Purba sekaligus membuka acara Intervensi Desa Dalam Penanggulangan TBC oleh Kades. 

Kata sambutan Babinkamtibmas Bripka M.Arif.W.S.
Mengucapkan terima kasih atas di bentuknya kepengurusan struktur Penanggulangan TBC di Desa Bangun Purba.Saya sebagai Babinkamtibmas Desa Bangun Purba,siap untuk mendukung semua kegiatan Penanggulangan TBC di Desa Bangun Purba,ujarnya.

Seterusnya kata sambutan dari Babinsa Koramil 19/BP Serda Afrizal Padli,Saya sangat senang dan merasa bersyukur dengan terbentuknya Tim Penanggulangan TBC di Desa Bangun Purba.Saya juga siap untuk membantu semua kegiatan kegiatan yang di laksanakan di Desa Bangun Purba.Semoga struktur kepengurusan TBC di Desa Bangun Purba,dapat terlaksana dengan baik, Tuturnya.

Kemudian di lanjutkan diskusi oleh Kepala Program TBC Kabupaten Deli Serdang Taufik Hidayat Monitoring (yang di kerjakan).
Melakukan pendataan yang detail dan jelas,sehingga tidak ada lagi data data yang di ragukan.Taufik Hidayat berharap agar Kades ,Babinsa,Babinkamtibmas,dapat membantu pengawasan pada saat pemberian obat pada pasien yang dalam pengawasan TBC,yang tidak mau makan obat.
(Pai/Agoes)

Pos terkait