Tanggul Sei Bahapal Jebol, 20 KK Rumah di Batubara Terendam Banjir

  • Whatsapp

Batubara, Buanapos.com-

Akibat tanggul Sei Bahapal jebol sepanjang 20 meter di Dusun Pulo Rotan Desa Kandangan Kecamatan Laut Tador Kabupaten Batubara, Minggu (6/12) mengakibatkan rumah 20 Kepala Keluarga (KK) terendam banjir. Tidak hanya itu puluhan hektare tanaman palawija dan perkebunan kelapa sawit turut terendam banjir.

Bacaan Lainnya

Jebolnya tanggul Sei Bahaal akibat meluapnya air sungai sejak beberapa hari ini. Kapolsek Indrapura AKP Sandi beserta personil langsung turun kelapangan melihat kondisi banjir dan memberikan bantuan berupa beras sebanyak 40 karung dan minyak makan kepada warga yang tertimpa musibah.

Kapolsek Indrapura AKP Sandi kepada Medan Pos, melalui telepon selulernya mengatakan, akibat jebolnya tanggul Sei Bahapal, ia dan beberapa personil langsung meninjau kelapangan melohat kondisi masyarakat di sana. Hingga sore AKP Sandi beserta anggota melakukan peninjauan dan memberikan bantuan sembako kepada warga yang terkena dampak banjir sebanyak 20 KK.

Rumah warga terendam air setinggi kurang lebih 50 cm, tanaman palawija seperti jagung, cabai, ubi, sayuran dan perkebunan kelapa sawit turut terendam banjir, namun korban jiwa tidak ada,” papar Sandi.

Pantauan Medan Pos sejak intensitas curah hujan tinggi di wilayah Kabupaten Batubara beberapa sungai seperti Sungai Bahapal, Sungai Sipare Pare, Sungai Tanjung, Sungai Titi Putus dan Sungai Gambus meluap. Dan ada beberapa titik badan tanggul retak karena mulai erosi. Sementara perawatan dari pihak PU Provinsi belum ada sampai saat ini.

“Yang ditakutkan banjir kiriman dari Kabupaten Simalungun, Sebab beberapa sungai tidak sanggup menerima luapan air yang datang dari Simalungun,” ujar warga Kecamatan Airputih yang saat ini mulai waspada.

Selain itu dampak dari jebolnya tanggul Sei Bahapal, beberapa desa di Kecamatan Medang Deras terkena banjir kiriman dari Desa Kandangan ini.

Pos terkait