Komisi III DPRD Kunjungi Museum Batubara

  • Whatsapp

Batubara, Buanapos.com-

1 Tahun Museum berdiri, Ketua Komisi III DPRD Batubara Ahmad Muktas didampingi anggota Darius dan Andi Lestari mengunjungi Kantor Perpustakaan yang dijadikan Museum di Kecamatan Talawi Rabu (23/12/2020).

Bacaan Lainnya

Kepada Wartawan Ketua Komisi III Ahmad Muktas mengatakan, hari ini Komisi III DPRD Batubara resmi mengunjungi Museum Batubara dan melihat benda apa-apa yang ada didalam Museum menjadi nilai sejarah.

Jauh sebelumnya Komisi IIIĀ  mendengar adanya benda titipan oknum luar dan dalam Kab Batubara dipajangkan lalu kita melihat seperti apa benda itu.

Komisi III DPRD Batubara sangat berterimakasih kepada Bupati Batubara Ir Zahir.AP dan diperlukan ada ahli sejarah menceritakan kala benda itu mempunyai nilai sejarah.

Berbeda dengan hasil Konpresi Pers anggota Komisi III Darius mengatakan ke sejumlah Wartawan, jika nantinya sesuai data yang masih kita kumpulkan dan bukti-bukti benda didalam Museum tidak mempunyai nilai sejarah dan atau tidak ada manfaatnya maka disana ada pidananya.

Salah satu contoh yang terkuak soal estelasa Basaruddin Rp. 264 juta,padahal atas nama Umar Baid HM masih status pinjam pakai Bidang Budaya.

Terakhir Darius mengatakan,Komisi IIIĀ  ingin memastikan anggaran di atas Rp 200 juta dipastikan wajib tender/lelang.

Sistem pengadaan seharusnya melalui pihak ketiga Kurator sebagai pihak yang berwenang.

Sudah seharusnya nenda-benda yang terpajang di Museum Batubara,maka wajib pula dimasukkan kedalam daftar aset daerah Batubara,karena anggaran belanja modal bersumber dari APBD T.A 2019.

Mukhlis Asta S.Pi kepada Berita mengatakan apa yang dipajangkan Disdik di Museum Batubara seperti Kulit kerang, Tulang Belulang Manusia, Pecahan Piring, Keramik dan Tembikar,Tombak,Keris,Pedang, barang Loak dan mesin Tik serta Telvon masih kita dalami.

Apabila didalamnya ada indikasi dugaan tindakan melawan hukum (Korupsi) didalam anggaran koleksi di Museum yang tidak punya nilai sejarah maka aknnn??0an dilaporkan. (Khairil)

Pos terkait