Tinjau Pasar Indrapura, Bupati Zahir Imbau Pedagang Jaga Kebersihan

  • Whatsapp

Batubara, Buanapos.com

Bupati Batubara Ir Zahir MAP mengimbau warganya agar tetap menjaga kebersihan lingkungan dan tidak membuang sampah di saluran drainase saat musim hujan, guna mengantisipasi banjir.

Bacaan Lainnya

Hal itu disampaikan Bupati Zahir saat blusukan ke Pasar Delima, Kelurahan Indrapura, Kecamatan Air Putih, Kabupaten Batubara, Senin (18/1/2021).

Bupati Zahir yang saat itu didampingi Ketua TP PKK Ny Maya Indiasari dan Kadis Koperindaq Ahmadan Choir melihat langsung kondisi saluran drainase yang bermasalah, serta bangunan tidak sesuai tempat di pasar tersebut

Persoalan itu diduga membuat sejumlah kios pedagang kerapkali tergenang air saat musim hujan tiba. Alhasil, sejumlah pedagang mengeluh karena para pembeli enggan singgah di kios mereka saat hujan turun.

Menanggapi kondisi tersebut, Bupati Zahir berjanji akan memperbaiki saluran drainase serta menertibkan bangunan yang tidak sesuai pada tempatnya.

Tapi kita lihat dulu, ini kan terkait anggaran sama masyarakatnya mau nggak hidup bersih. Sampah itu kan bisa mengakibatkan banjir. Kebersihan itu kan tanggung jawab kita semua,” katanya.

Ia pun berharap, seandainya Pemkab Batubara mendapatkan anggaran untuk perbaikan, masyarakat juga harus memberikan dukungan.

“Pedagang harus mendukunglah, relokasi harus mau, jangan nanti berantem. Pemerintah tak bisa bergerak kalau masyarakat tak mendukung,” katanya.

Meski begitu, ia menjelaskan bahwa perbaikan tidak bisa dikerjakan dalam waktu singkat berhubung pandemi Covid-19 yang sedang berlangsung.

“Di masa Covid ini, anggaran terkuras semua,” jelasnya.

Bupati Zahir mencontohkan beberapa pasar yang sudah dibangun Pemkab Batubara, antara lain di Desa Petatal, Kelurahan Lima Puluh dan Tanjung Tiram.

(Khairil)

Pos terkait