Perasmian Kampung Tangguh di Kecamatan Kotarih Oleh Bupati dan Kapolres Serdang Bedagai

  • Whatsapp

Serdang Bedagai | buanapos. com – Bupati Serdang Bedagai H. Darma Wijaya SE diwakili Sekretaris Diperindag Serdang Bedagai, Roy BB Pane beserta Kopolres Serdang Bedagai, AKBP Robin Simatupang SH yang juga diwakili Kasat Bimas Polres Sergai, AKP Syarifudin, meresmikan sebelas Desa Tangguh di Kecamatan Kotarih. Kegitan berlangsung di Balai Pertemuan Desa Sialtong Kecamatan Kotarih, Kabupaten Serdang Bedagai, Rabu (10/03/2021),siang.

Acara diawali kata sambutan oleh Camat Kotarih L. Naibaho S.Sos. 
Beliau merasa senang dan bersukur atas kedatangan tim dari Kabupaten, baik yang mewakili Bupati maupun yang mewakili Kapolres Sergai, dengan harapan nantinya dapat memberikan arahan mengenai kampung tangguh di sebelas desa di Kecamatan Kotarih, antara lain, Desa Sialtong, Huta Galuh, Durian Kondot, Bandar Bayu, Perbahingan, Kotarih Baru, Kotarih Pekan, Sei Kare, Banjaran Godang, Si Ujan-Ujan, mengenai  apa – apa saja yang perlu dibenahi. 

Bacaan Lainnya

Kemudian dilanjudkan pembacaan expos frofil Desa Sialtong oleh Kepala Desa, Jenda Ingan Pulung Barus, mengenai tentang situasi dan kondisi Desa Sialtong dalam rangka persiapan Kampung Tangguh untuk menekan penyebaran Covid-19 

Pada kesempatan ini Bupati Serdang Bedagai yang diwakili, Sekretaris Diperindag Sergai Roy BB Pane, mengapresiasi pihak kepolisian Serdang Bedagai yang telah membentuk sebanyak 75 Desa Tangguh dan rencanakan semua desa di Kabupaten Serdang Bedagai. 

” Dengan diresmikannya desa tangguh ini, tentunya kita telah mempersiapkan segala sesuatunya untuk mengantisipasi penyebaran  Covid-19 secara bersama-sama, kita selalu berdoa semoga Covid-19 cepat berlalu,”  harapnya. 

” Kita tetap menjalankan kehidupan sehari-hari dengan 5 (M), yakni mencuci tangan dengan sabun, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan membatasi mobilitas, serta 3 (T) yaitu, Testing, tracking, trackman,agar selalu tanggap dengan kondisi, sehingga kampung tangguh ini tatap berjalan sebagaimana kita harapkan, ” imbuhnya. 

” Salam dari Bapak Bupati Serdang Bedagai dan Wakil Bupati, semoga kampung tangguh ini terus dipertahankan guna mengantisipasi penyebaran Covid-19. Sebahaimana misi dan visi Bupati dan Wakil Bupati Serdang Bedagai, ” Maju Terus, mandiri, sejahtera dan relegius,” pungkasnya. 

Dalam acara ini Kapolres Serdang Bedagai, AKBP Robin Simatupang SH, diwakili Kasat Bimas Sergai, AKP. Syarifudin menjelaskan ada 3 konsep kampung tangguh antara lain, tangguh dalam kesehatan yang merupakan adanya posko Covid-19, ruang isolsi, dapur umum. 
Tangguh dalam ketahanan pangan, bahwa masyarakat desa tidak ada lagi yang kurang pangan, karena sudah adanya, tanaman pangan, ternak, ikan, sayur mayur. 
Tangguh dalam keamanan, tentunya masyarakat dalam aktivitas bekerja sudah aman dan nyaman. 

” Selanjudnya pendukung kampung tangguh ini adalah dengan melaksanakan, 5 (M) dan 3(T), ditambah dengan adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM),gunanya agar orang luar yang masuk atau datang ke desa kita, Posko dapat melakukan pemeriksaan yakni dengan testing kesehatan yang dilakukan pihak puskesmas, apabila disangsikan dapat diadakan tracking oleh bhabinkamtibmas dan babinsa kemudian dilanjudakan trackman dengan mengisolasi agar orang lain tidak terpapar, ” pungkas Kasat Bimas. 

Acara diakhiri dengan peninjauan, paktor pendukung sebagai kampung tangguh, diantaranya, posko Covid-19, dapur umum, ruang isolasi dan ketahanan pangan. 

Hadir pada acara ini, Kasat Bimas Polres Serdang Bedagai, AKP. Syarifudin beserta rombongan, Sekretaris Diperindag Sergai beserta OPD lainnya, Camat Kotarih L Naibaho S.Sos, Kapolsek Kotarih Iptu D. Panjaitan beserta jajarannya, Dan-ramil 17Kotarih, Kapten Inf Ramlan beserta anggota, babinsa, bhabinkamtibmas, Sekcam Budiaman Damanik SKM, dinas jawatan, PDP, PDTI, para kepala desa, tokoh masyarakat, tokoh agama. (Baroes). 

Pos terkait