Peresmian Kampung Tangguh Desa Manggis di Kecamatan Serba Jadi

  • Whatsapp

Serdang Bedagai | Buanapos. com. – Peresmian Kampung Tangguh di Kecamatan Serba Jadi oleh Kapolres Serdang Bedagai AKBP Robin Simatupang SH M. Hum, diwakili Kapolsek Dolok Masihul AKP Khairul Saleh SH, melalui Waka Polsek Iptu P. Sinuhaji, Rabu(17/03/2021) di Balai Pertemuan Desa Manggis Kecamatan Serba Jadi, Kabupaten Serdang Bedagai.

Perasmian Kampung Tangguh berjumlah delapan Desa, dari sepuluh Desa dan dua Desa yakni Desa Pulau Gambar dan Pulau Tagor telah diresmikan oleh Waka Polres beberapa hari yang lalu. Kedelapan desa ini diantaranya Desa Manggis, Desa Tambak Cekur, Desa Serba jadi, Desa Tanjung Harap, Desa Kuala Bali, Desa Karang Tengah, Desa Kelapa Bajohom dan Desa Bah Sidua-Dua.

Bacaan Lainnya

Peresmian kedelapan Kampung Tangguh  diwaliki Waka Polsek Dolok Masihul Iptu P. Sinuhaji.
Dalam sambutan arahannya, P. Sinuhaji menerangkan 3 hal yang harus ada pada Kampung Tangguh, yakni tangguh dalam hal kesehatan, tangguh ketahanan pangan, tangguh keamanan.
” Ketiga Kriteria ini harus ada pada desa Kampung Tangguh, guna menekan penyebaran Covid-19 ,” terangnya.

 Lanjudnya , Sumatera Utara dicanangkan mempunyai 1000 Kampung Tangguh, sedang untuk Kecamatan Dolok Masihul 20 dan Serba Jadi 10 Kampung Tangguh. 

” Selain itu minimal tetap laksanakan 3(M), memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak dan tak kalah pentingnya jaga kesehatan, setidaknya kita bisa mempertahankan keadaan Desa kita terhadap pandemi Covid-19,” harapnya.

Diperjelas lagi oleh KBO Binmas Polres Sergai Iptu Edwin Simanjuntak, bahwa Kampung Tangguh adalah upaya desa tersebut tangguh dalam menghadapi Covid-19. 

” Siap menghadapi segala kemungkinan yang ditimbulkan akibat Covid-19, tentunya dengan ketiga kriteria yang disebutkan tadi ditambah tetap jalankan prokes pemerintah dan belum ada obatnya sampai saat ini namun sudah ada vaksinasinya untuk menambah daya tahan tubuh, ” pungkasnya. 

Kapus Serbajadi dr. Evraim Hutagalung saat ditemui wartawan tentang Kampung Tangguh ini mengatakan,” kita harus tangguh ekonomi dapat memenuhi hiduo sehari hari, tangguh segi keamanan, tanguh kesehatan berarti tangguh terhadap Covid-19, bila terdapat Covid-19, penanganannya dapat dapat diatasi dengan baik dwngan adanya isolasi mandiri di Desa ,” paparnya. 

” Tapi yang terpenting bagaimana supaya tidak terjangkit dari Covid-19 yakni dengan penuh kesadaran masyarakat tangguh mengikuti prokes, menjalankan 3(M). Dari Desember hingga maret 2021 ini mari kita pertahankan Kecamatan Serba Jadi tetap hijau dari Covid-19, ” pungkasnya. 

Diawal acara Camat Serba Jadi M. Kahar Ependi mengucapkan terimakasih atas peresmian Kampung Tangguh di Kecamatan Serba Jadi, sebanyak 8 desa, semoaga zona hijau saat ini dapat dipertahankan.Dirangkaikan pembacaan profil Desa Manggis sebagai Kampung Tangguh oleh kepala Desa Manggis, Sopiyan Siregar. 

Turut hadir pada acara ini, muspika Kecamatan Serba Jadi, Camat Serba Jadi, M. Kahar Ependi, Kapolsek Dolok Masihul AKP Khairul Saleh SH diwakili Waka Polsek P. Sinuhaji, Dan-ramil 18/Galang, Kapten Inf Noor Rosid diwakili Babinsa Deaa Manggis Serda T. Saipul didampingi Serka  JM purba, jajaran Binmas Polres Sergai, dinas jawatan, para kepala Desa serta perangkat , PDP, PDTI, tokoh masyarakat, tokoh agama serta udangan. (Baroes). 

Pos terkait