Dansatgas TMMD Kodim 0204/DS : Kedepan Sei Buaya Dapat Menjadi Daerah Wisata Menambah Incom Daerah

  • Whatsapp

.

Deli Serdang | Buanapos.com – Tak banyak mungkin orang yang tahu kalau wisata arung jeram juga ada di wilayah Kabupaten Deli Serdang, tepatnya di Kecamatan Bangun Purba yakni dialirkan Sei Buaya.

Bacaan Lainnya

Nah, spot wisata pemicu adrenalin ini diprediksi kuat bakal kian populer ke depannya setelah akses jalan dibuka oleh TNI melalui program TMMD ke-111 TA 2021 Kodim 0204/DS.

Prospek wisata arung jeram Sei Buaya inipun tak ditampik Dansatgas TMMD, Letkol Kav Jackie Yudhantara, SSos MHan.

Di sela peninjauan sasaran fisik pembangunan jalan, Senin (21/6/2021), Letkol Jackie menjelaskan, berdasarkan data Disporabudpar Pemkab Deliserdang yang diketahuinya, Sei Buaya termasuk salah satu sungai di Sumatera Utara yang layak diperhitungkan sebagai destinasi wisata arung jeram.

Air sungai yang jernih dengan debit yang cenderung stabil serta memiliki jeram-jeram pemacu adrenalin tetapi cukup aman bagi seorang awam.

Dalam kondisi air yang normal, jeram-jeram di Sei Buaya pada umumnya memiliki tingkat kesulitan II-III.

Pada beberapa bagian, aliran sungai seperti membentuk selokan besar berdinding bebatuan alami dilengkapi beberapa air terjun mini.

“Inilah yang menjadi magnet bagi para rafter untuk mengarungi sekaligus menaklukkan riam-riam Sei Buaya,” terang Letkol Jackie.

Rute yang paling ideal untuk wisata arung jeram di Sei Buaya ini berawal dari Desa Pagar Manik sampai dengan Desa Beganding. Jaraknya ±5 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam.

“Sei Buaya yang terletak di Kecamatan Bangun Purba ini, kedepannya diharapkan dapat meningkatkan animo wisatawan berkunjung, sehingga hal itu akan menjadi income bagi daerah dalam hal pemasukan PAD,” pungkas Letkol Jackie yang juga Dandim 0204/DS itu.(K-17 /Ktr – Baroes)

Sumber: Kodim 0204/DS.

Pos terkait