Bupati Batubara Zahir: Sistem PPDB Online Akan Wujudkan Pelayanan Prima

  • Whatsapp

Batubara, Buanapos.com-

PPDB online termasuk di Batubara, adalah seiring dengan perkembangan teknologi informasi saat ini yang semakin canggih dan terjangkau masyarakat. Dinas Pendidikan Batubara dalam pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang selama ini manual konvensional akan dimutakhirkan prosesnya menjadi online mulai TP 2021/2022.

Bacaan Lainnya

PPDB online termasuk di Batubara, adalah seiring dengan perkembangan teknologi informasi saat ini yang semakin canggih dan terjangkau masyarakat. Dinas Pendidikan Batubara dalam pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang selama ini manual konvensional akan dimutakhirkan prosesnya menjadi online mulai TP 2021/2022.

Sistem PPDB Online diyakini akan mampu mewujudkan pelayanan PPDB yang prima (lebih cepat, mudah, transparan, akuntabel, efektif dan efisien) kepada masyarakat dan penyelenggara di lingkungan Dinas Pendidikan Batubara.

Manfaat bagi masyarakat umum, mendapat pelayanan PPDB yang lebih tertib dan lancar. Terjamin proses PPDB sesuai aturan yang berlaku. Sehingga lebih adil (fair), transparan dan akuntabel. Turut aktif memantau proses pelaksanaan PPDB dengan lebih mudah dan cepat. Akses jam dari mana saja melalui internet, SMS dan perangkat seluler lainnya.

Manfaat bagi Dinas Pendidikan dan sekolah, pelayanan publik PPDB yang prima kepada masyarakat. Penyelenggaraan PPDB yang lebih baik, lancar, transparan dan akuntabel. Pengendalian dan pengawasaan pelaksanaan PPDB secara terpusat dan mudah. Mendorong peningkatan penguasaan teknologi informasi kepada masyarakat.

Oleh karenanya mohon dukungan dari semua pihak untuk ikut mensukseskan program PPDB yang semula manual/konvensional menjadi online,” kata Kadisdik Batubara Ilyas Sitorus melalui WhatsAPP-nya kepada awak media, usai melaksanakan pertemuan melalui aplikasi ‘Zoom Meeting’, bersama kepala SD dan SMP se-Kabupaten Batubara, Minggu petang (20/6/2021).

Kemudahan PPDB Online
Menurut Ilyas, PPDB online akan mempermudah untuk melakukan pendafaran siswa baru. Mempermudah akses informasi penerimaan siswa baru. Pendaftaran menjadi lebih tertib dan mudah dipantau. Fasilitas dan pelayanan memuaskan dari pihak Sekolah dan Dinas Pendidikan.

Ilyas mengajak semua pihak terkhusus pihak terkait Dinas Pendidikan dan UPTD/Sekolah Pelaksanaan PPDB Online harus menyukseskan program itu di tingkat SD dan SMP yang berlangsung mulai Senin 21 sd 26 Juni 2021 untuk gelombang I.

Orangtua/wali yang akan mendaftarkan anaknya ke sekolah tujuan tanpa perlu mengantri. Dan tidak perlu datang ke sekolah lagi. Cukup mendaftarkan dari mana saja dengan menggunakan aplikasi yang sudah dipersiapkan oleh Dinas Pendidikan Batubara.

Untuk mendukung hal tersebut Dinas Pendidikan juga telah menyiapkan video tutorialnya, selain juknis. Dan sudah berbagi pengetahuan kepada UPTD/Sekolah SD dan SMP di Batubara.

Ini juga salah satu upaya Pemkab Batubara di bawah pimpinan Bupati Ir H Zahir MAP dalam pencegahan penyebaran Covid-19. Karena orangtua/wali tidak lagi berkumpul atau berbondong-bondong datang ke sekolah.

Calon peserta didik dari mana saja bisa melakukan pendaftaran setiap hari dengan tidak membatasi waktu. Sepanjang masih dalam tahap pendaftaran dan seleksi PPDB tahap I yaitu mulai tanggal 21 sd 26 Juni 2021. Selanjutnya tanggal 21 sd 26 Juni 2021 juga berlangsung verifikasi dan validasi data. Kemudian tanggal 28 Juni 2021 pengumuman hasil seleksi tahap I. Serta tanggal 30 Juni sd 1 Juli 2021 merupakan konfirmasi kesediaan peserta didik. Lalu tanggal 1 Juli sd 3 Juli 2021 adalah daftar ulang bagi peserta yang lulus di UPTD/sekolah tujuan

Masih menurut Ilyas, orangtua/wali mengisi data awal dan login ke aplikasi dengan melengkapi biodata. Melengkapi data orangtua, melengkapi dokumen-dokumen seperti pas photo, Kartu Keluarga, SPTJM, dan lain-lainnya sebagaimana.

Selanjutnya orangtua/wali dapat memilih tujuan sekolah. Lalu memvalidasi data pribadi, mengajukan tanda tangan digital, dan mencetak draf bukti pendaftaran. Kemudian menunggu proses validasi/verifikasi dari salah satu sekolah tujuan. Mencetak hasil verifikasi pendaftaran, menunggu pengumuman kelulusan. Selanjutnya, konfirmasi kesediaan melalui aplikasi dan daftar ulang.

Dalam PPDB Online TP 2021/2022 ini terdapat beberpa jalur masuk dan pilihan jalur masuk pada laman ppdb online SD dan SMP TP. 2021/2022 Kabupaten Batubara. Orangtua/wali bebas memilih salah satu jalur masuk pada menu yang telah tersedia.

Jalur zonasi adalah untuk calon peserta yang berdomisili di dalam wilayah zonasi sesuai ketetapan. Jalur afirmasi untuk peserta berasal dari keluarga ekonomi tidak mampu dan penyandang disabilitas.

Lalu calon peserta didik yang mendaftar melalui jalur prestasi, mempertimbangkan peringkat berdasarkan rata-rata rapor nilai pengetahuan dari sekolah/madrasah asal. Mulai kelas 4 semester VII sampai dengan kelas 6 semester XI.

Dan nilai prestasi (hasil perlombaan dan/atau peghargaan di bidang akademik dan/atau non akademik), (POPDA) dan kejuaraan olahraga oleh induk organisasi cabang olahraga.

Serta ada jalur perpindahan tugas orangtua/wali untuk peserta yang orangtua/wali pindah tugas, baik dalam daerah maupun dari luar daerah.
(kh.lbs)

Pos terkait